BLT Dana Desa Mulai Dicairkan, Tiap Bulan nya Keluarga Miskin Dapat Rp 600.000

BLT Dana Desa Mulai Dicairkan, Tiap Bulan nya Keluarga Miskin Dapat Rp 600.000


JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyatakan, proses pencairan bantuan langsung tunai ( BLT) dana desa sudah dilakukan oleh berbagai pemerintah daerah. Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendes PDTT Ivanovich Agusta mengatakan, proses pencairan BLT dilakukan bertahap pada April-Juni 2020. 

Setiap bulannya kepala keluarga miskin masing-masing mendapatkan Rp 600.000. 

"Contohnya, Desa Lele, Kecamatan Mandioli Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara telah melakukan penyaluran BLT Dana Desa sebesar Rp 600.000 perkeluarga, kepada 60 keluarga miskin untuk bulan pertama," ungkapnya dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (27/4/2020).

Selain itu, Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendes PDTT Ivanovich menyebutkan contoh lain, yakni Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat yang telah menyalurkan BLT untuk 259 keluarga miskin.
"Di ujung Utara wilayah Indonesia, desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe telah mencairkan BLT Dana Desa untuk 33 keluarga miskin," kata beliau.

Lebih lanjut, penyaluran BLT semula dianjurkan melalui cara non tunai. Namun, Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendes PDTT Ivanovich mengatakan, tidak sedikit pemerintah daerah yang menyalurkan BLT secara langsung. 

"Cara door to door, adalah salah satu cara menghindari kerumunan warga serta mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19," tuturnya. 

Sebagai informasi, Kemendes PDTT menyiapkan anggaran sebesar Rp 22 triliun dari pagu dana desa 2020 untuk memberikan BLT kepada 12 juta keluarga miskin di berbagai daerah. 

"Para penerima ini merupakan keluarga miskin yang selama ini belum mendapat bantuan dari skema jaminan kesejahteraan sosial lainnya," ucap Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendes PDTT Ivanovich Agusta.

Sumber : Kompas.com

0 Response to "BLT Dana Desa Mulai Dicairkan, Tiap Bulan nya Keluarga Miskin Dapat Rp 600.000"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel